asdy_blog Pingin Usil Multimedia Corp. by Asdy: Membuat Texturing (Material)

Selasa, 06 Maret 2012

Membuat Texturing (Material)




Pada tahapan ini Anda akan memberikan tekstur/material berupa gambar image atau foto suatu tekstur lalu ditempelkan ke objek 3D Anda.

Gambar image atau foto tersebut dapat Anda peroleh dari library Image yang telah disediakan oleh aplikasi 3ds max atau dapat juga Anda download dari internet atau Anda foto sendiri dengan menggunakan kamera digital, kemudian masukkan ke dalam harddisk komputer Anda.


1. Selanjutnya, Anda akan memberikan material berupa gambar untuk objek bola tersebut.

2. Sekarang Anda akan memberikan material untuk objek bolanya. Anda tekan M di keyboard untuk menampilkan Material Editor.

3. Klik salah satu slot kosong , klik kotak bertuliskan Standard lalu ubah menjadi pilihan Multi/Sub-Object. Multi/Sub-Object adalah suatu fitur yang terdapat pada Material Editor yang berfungsi untuk memberikan berbagai macam material dalam satu slot saja, dengan menggunakan ID (identitas) yang berbeda untuk tiap-tiap subbagian objek 3D tersebut. Bila muncul jendela Replace Material, biarkan dalam keadaan default dan tekan tombol OK. Klik kotak Set Number dan ubah Number of Material = 3. Ubah Sub Material 1 dan 2 menjadi warna putih (Red = 255, Green = 255, Blue = 255).  dengan cara Anda klik kotak warna yang ada di sebelah kanan, lalu ubah warnanya. Dan Anda ubah juga Sub Material 3 menjadi warna hitam (Red = 0, Green = 0, Blue = 0). 
Setingan Multi/Sub-Object.
4. Klik objek “Bola” lalu tekan tombol Assign Material to Selection 
 untuk memasukkan material yang telah Anda buat ke dalam objek “Bola”.
5. Selanjutnya buat material untuk objek rumput. Klik kotak slot material kosong yang lain. Anda klik kotak kecil di sebelah tulisan Diffuse. Akan keluar jendela Material/Map Browser dan klik ganda pada Bitmap
 Cari gambar teksturnya
















 lalu klik tombol Open

Jendela Material/Map Browser.


6. Pastikan objek rumput terpilih (objek Box yang sebelumnya telah Anda buat), kemudian klik tombol Assign Material to Selection  . Maka gambar tekstur sudah teraplikasi dalam objek rumput.

7. Klik tombol Show Map in Viewport  . Maka akan terlihat gambar tekstur tersebut di layar Viewport Anda. Ini akan memudahkan Anda untuk melihat bentuk tekstur tersebut sebelum dilakukan proses Render.

8. Sekarang Anda beri material untuk objek teks-nya. Klik slot kosong yang lain, klik kotak warna di sebelah tulisan Diffuse. Beri warna kuning dan klik tombol OK.

9. Pastikan Text “IlmuGrafis” terpilih, lalu klik tombol Assign Material to Selection  . Tutup jendela Material Editor.

10. Anda beri juga material untuk objek teks-nya. Klik slot kosong yang lain, klik kotak warna di sebelah tulisan Diffuse. Beri warna merah dan klik tombol OK.

11. Pastikan Text “SUPER SOCCER” terpilih, lalu klik tombol Assign Material to Selection  . Tutup jendela Material Editor.

12. Selanjutnya klik Viewport Perspective. Kemudian Anda klik Menu Rendering > Render. Klik tombol Render.


Membuat Lighting (Pencahayaan)

1. Klik Tab Create  , klik Lights  . Pilih dan klik Skylight lalu buat sembarang di Viewport Front. Anda dapat dengan bebas meletakkan Skylight di posisi mana saja di layar Viewport. Posisi Skylight tidak mempengaruhi penyebaran bias cahayanya.

2. Anda buka Tab Modify  , atur Multiplier = 1.2 (secara default Multiplier = 1.0). Multiplier adalah nilai kekuatan bias dari cahayanya. Semakin tinggi nilainya akan semakin terang cahaya yang tampil di Scene Anda. Biarkan parameter yang lain dalam keadaan default.

Setingan Skylight Parameters.

3. Pilih Menu Rendering > Render. Akan terbuka jendela Render Scene Default Render, klik Tab Advanced Lighting. Pada rollout Select Advanced Lighting, klik kotak Combo bertuliskan <no lighting plug-in> dan ubah ke Light Tracer. Biarkan setingan lain dalam keadaan default. Secara default, Anda sudah mendapatkan hasil GI yang ideal bila di Render nantinya.

 Fitur Light Tracer.

4. Aktifkan Viewport Perspective. Klik tombol Render.

Selesai
Membuat Background
Suatu karya berupa gambar 3D maupun animasi 3d akan lebih indah dan menarik apabila memiliki Background didalamnya sehingga akan membuat gambar atau animasi tersebut menjadi lebih hidup dan nyata.

1. Selanjutnya klik Menu Rendering > Environment. Akan terbuka jendela Environment & Effects.

2. Di rollout Common Parameters, pada kategori Background, klik tulisan None pada Environment Map, kemudian akan terbuka jendela Material/Map Browser dan Anda klik ganda pada pilihan Bitmap.

3. Anda cari gambar Image yang Anda inginkan, misalkan:

gambar langit, lalu klik tombol Open.

4. Maka gambar tersebut akan langsung menjadi gambar Background di Scene 3D Anda. Tutup jendela Environment & Effects.

Environment Map.

5. Klik Viewport Perspective. Lakukan proses Render untuk melihat hasil finalnya. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar